Jumat, 18 Januari 2013

PELAJARAN TENTANG GAYA


PELAJARAN TENTANG GAYA
Definisi 'gaya'
1) kesanggupan untuk berbuat; kuat;  Fisika: (a) dorongan atau tarikan yg akan menggerakkan benda bebas (tak terikat); (b) besaran yg mempunyai besar dan arah tertentu; (c) suatu interaksi yang bila bekerja sendiri menyebabkan perubahan keadaan gerak benda.
Gaya berat, gaya yg arahnya menuju pusat bumi yg menyebabkan benda jatuh mendapat percepatan; Gaya magnet, untuk menarik atau menolak besi dari suatu magnet; Gaya pegas kekuatan melenting.
2) sikap; sikap yang elok; gerak-gerik yang bagus; menggaya, bergaya sehingga tampak gagah, menggayakan , memperbuat supaya elok (bergaya tertentu).
3) ragam (cara rupa, bentuk, dsb) yg khusus (mengenai tulisan, karangan, pemakaian bahasa, bangunan rumah, dsb).
4) cara; melakukan gerakan dalam olahraga (renang, lompat, dsb)
5)lagak lagu; tingkah laku.

Hukum Newton I:
“Setiap benda akan memiliki kecepatan yang tetap kecuali ada gaya yang resultannya tidak nol bekerja pada benda tersebut.”

Dapat pula dijelaskan Hukum Newton I sebagai berikut:
Setiap benda akan mempertahankan keadaan diam atau bergerak lurus beraturan, kecuali ada gaya yang bekerja untuk mengubahnya.
Dengan kata lain:
Sebuah benda yang sedang diam akan tetap diam kecuali ada resultan gaya yang tidak nol bekerja padanya.
Sebuah benda yang sedang bergerak, tidak akan berubah kecepatannya kecuali ada resultan gaya yang tidak nol bekerja padanya.

Hukum Newton diterapkan pada benda yang dianggap sebagai partikel, dalam evaluasi pergerakan misalnya, panjang benda tidak dihiraukan, karena obyek yang dihitung dapat dianggap kecil, relatif terhadap jarak yang ditempuh. Perubahan bentuk dan rotasi dari suatu obyek juga tidak diperhitungkan dalam analisisnya. Maka sebuah planet dapat dianggap sebagai suatu titik atau partikel untuk dianalisa gerakan orbitnya mengelilingi sebuah bintang.
Dalam bentuk aslinya, hukum gerak Newton tidaklah cukup untuk menghitung gerakan dari obyek yang bisa berubah bentuk (benda tidak padat).
Hukum Newton II dan Hukum Newton III, jadi PR buat kamu, ya..!
(Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Hukum_gerak_Newton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar