Rabu, 09 Januari 2013

artikel: Hindari Musibah dengan Bersyukur


HINDARI MUSIBAH DENGAN BERSYUKUR
YAFSHIL ISMAL
(Guru IPA SMPN 1 Baso dan SMP Tahfizhul Qur’an Balai Gurah Ampek Angkek)


Berbagai musibah telah datang kepada umat di dunia ini, lantaran banyak di antara umat yang tidak bersyukur kepada-Nya. Termasuk negeri yang kita cintai ini, telah ditimpa: tsunami, gempa bumi, dan wabah, serta banyak lagi musibah lainnya.
Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepada mu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sungguh azab-Ku sangat pedih, (QS. Ibrahim: 7).
Musibah dapat dihindari dengan bersyukur kepada-Nya. Tanda orang yang bersyukur (beriman dan bertakwa), mereka meramaikan dan menghidupkan masjid-masjid.
Tiada suatu azab pun yang didatangkan oleh Allah Swt. kepada suatu penduduk bumi, melainkan azab tersebut tidak akan mengenai orang-orang yang menghidupkan masjid-masjid.
Yang dimaksud dengan meramaikan dan menghidupkan masjid-masjid ialah orang-orang yang selalu mengerjakan ibadah di dalam masjid sehingga masjid tampak ramai dan hidup, tidak sepi.
Sesungguhnya Allah Swt. apabila menurunkan azab dari langit kepada penduduk bumi, maka azab tersebut dihindarkan dari orang-orang yang meramaikan masjid-masjid, (Riwayat Asakir melalui Anas r.a.).
Abu Darda r.a. berkata, “Kebiasaan Rasulullah saw, apabila terjadi angin bertiup sangat kencang (angin ribut), beliau terlihat cemas, kemudian segera pergi ke masjid”.
Aisyah r.a. berkata, “Apabila terjadi mendung, awan hitam, dan angin kencang, wajah Nabi saw. yang biasa memancarkan nur, akan terlihat pucat karena takut kepada Allah.”
Aisyah r.a. berkata lagi, “Apabila hujan mulai turun, maka wajah Nabi saw. menjadi ceria. Saya bertanya kepada beliau, “Ya Rasulullah, apabila terlihat awan mendung semua orang merasa gembira karena menandakan hujan akan turun, tetapi mengapa engkau justru terlihat cemas?” Beliau menjawab, “Wahai Aisyah, bagaimana saya dapat meyakini bahwa angin kencang dan awan mendung itu tidak akan mendatangkan azab Allah? Kaum ‘Ad telah dibinasakan oleh angin topan. Ketika mereka melihat awan mendung, mereka merasa gembira karena mengira akan segera turun hujan. Padahal bukan hujan yang turun, melainkan azab Allah untuk membinasakan mereka.”
Inilah contoh tauladan Nabi bagi kita. Lihatlah diri kita yang bergelimang dengan dosa, jarang merasa takut apabila terjadi gempa bumi, angin topan, dan lainnya. Hanya sedikit yang bertaubat dan mengerjakan shalat ke masjid.
Segala musibah, tidak ada seorang pun yang menginginkannya, tetapi itu semua datang dari Allah Swt.  
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, Yaitu  orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un” (artinya: sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah kami kembali), (QS. Al-Baqarah: 155-156).
Musibah merupakan ujian untuk mengingatkan manusia kepada-Nya dan untuk membersihkan diri manusia dari dosa.
Ujian berguna untuk ke arah yang lebih baik, ibarat anak sekolah akan naik ke kelas yang lebih tinggi, apabila lulus dalam ujian. Ujian yang datang kepada seorang hamba Allah, adalah untuk meninggikan derajat hamba Allah yang bersangkutan.
Apabila Allah mencintai seorang hamba, maka Dia memberinya cobaan supaya Allah mendengar tadharru’-nya (rintihan meminta kepada-Nya), (Riwayat Baihaqi melalui Abu Hurairah r.a.).
Marilah beribadah di dalam masjid! Agar masjid-masjid ramai, dipenuhi orang-orang yang zikir, shalat, dan membaca Qur’an. Ini sebagai tanda syukur kepada-Nya. Sehingga musibah terhindar dari kita, yang datangnya tiba-tiba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar