Senin, 18 Februari 2013

PELAJARAN TENTANG USAHA


PELAJARAN TENTANG USAHA

Definisi: Usaha, atau Arti Kata: Usaha

Pengertian Usaha dalam kehidupan sehari-hari adalah: 

Kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu: bermacam-macam -- telah ditempuhnya untuk mencukupi kebutuhan hidup; -- meningkatkan mutu pendidikan; 2 kegiatan di bidang perdagangan (dng maksud mencari untung); perdagangan; perusahaan: -- perkayuan mengalami kemajuan; -- nya di bidang tenun ikat berkembang pesat; -- bersama 1 usaha gabungan antara pengusaha asing dan pengusaha nasional; 2 kegiatan bersama antara dua pengusaha atau lebih; -- niaga kegiatan jual beli barang dan jasa; -- pabrik bentuk usaha yg mengolah atau mengubah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi (produk); -- patungan gabungan pengusaha untuk melakukan usaha tertentu; -- perkemasan usaha pengangkutan barang-barang dl peti kemas; -- tani kegiatan usaha yg dilakukan dl bidang pertanian; -- tani campuran kegiatan usaha pertanian yg mengombinasikan pengusahaan ternak, tanaman, atau ikan; -- tertutup badan usaha yg sahamnya tidak dijual kpd masyarakat umum;
ber·u·sa·ha v 1 melakukan suatu usaha; bekerja giat (untuk mencapai sesuatu); berikhtiar; berdaya upaya: ia ~ menyembunyikan tangisnya; mereka ~ mencapai hasil yg memuaskan; 2 melakukan kegiatan di bidang perdagangan (perusahaan dsb): keadaan keuangan yg mantap akan menguntungkan orang-orang yg mulai.
Sumber: http://www.artikata.com/arti-356039-usaha.html

Pengertian Usaha dalam Pelajaran Fisika

Usaha sangat dipengaruhi oleh dorongan atau tarikan (gaya). Jika kamu mendorong suatu benda, lalu benda tidak berpindah, berarti gaya-mu tidak melakukan usaha. Usaha juga dipengaruhi oleh perpindahan. Jadi usaha adalah gaya yang dikerjakan pada suatu benda sehingga benda itu berpindah tempat.

Secara matematis dituliskan sbb:

W = F s
W adalah usaha dengan satuan Joule (J).
F adalah gaya dengan satuan Newton (N).
s adalah perpindahan dengan satuan meter (m).
Persamaan di atas berlaku untuk gaya yang arahnya searah dengan perpindahan (arah horisontal). 
Sedangkan untuk memindahkan benda yang arahnya vertikal, memerlukan gaya minimal untuk mengatasi gaya gravitasi bumi yang besarnya sama dengan berat suatu benda. Ditulis sbb:
F = m g.
Karena perpindahan benda ke arah vertikal sama dengan ketinggian benda (h), maka diperoleh usaha yang dilakukan terhadap benda sbb:
W = F s
W = m g h
W adalah usaha dengan satuan Joule (J)
m adalah massa dengan satuan Kilogram (kg)
g adalah percepatan gravitasi dengan satuan Newton per Kilogram (N/kg)
h adalah perpindahan atau ketinggian dengan satuan meter (m)
Catatan:
Ketetapan percepatan gravitasi adalah 9,8 m/s2atau 10 m/s2
(Biasanya dalam soal ketetapan ini diberi tahu).

Satuan usaha sama dengan satuan energi, yaitu Joule. Dengan ketentuan bahwa 1 Joule sama dengan besar usaha yang dilakukan oleh gaya sebesar 1 N dengan perpindahan 1 m.

Contoh Soal:

Seorang siswa mendorong meja dengan gaya 100 N sehingga meja bergeser sejauh 2 m. Hitung usaha yang dilakukan siswa tersebut.

Penyelesaian:

Dik:  
F = 100 N
s = 2 m

Dit:   
W = ...?

Jwb:
W = F s
W = (100 N) (2 m)
W = 200 J
Jadi, usaha yang dilakukan siswa adalah 200 Joule.


Sumber:  
KARIM, Saeful
Belajar IPA: membuka cakrawala alam sekitar 2 untuk kelas VIII/ SMP/MTs
Saeful Karim ... [et.al.] – Jakarta: Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Hal. 194.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar